Jorge Lorenzo memenangi GP Australia 2013. Harapannya mempertahankan gelar masih terbuka setelah Marquez didiskualifikasi. |
Phillip Island, Otomotif-Kecipung – Perburuan gelar juara dunia MotoGP belum berakhir. Di GP Australia, Sirkuit Phillip Island, Minggu (20/10/2013), yang seharusnya gelar bisa dikunci Marc Marquez, kini kembali seru setelah Lorenzo menang. Marquez kali ini sedang sial dan pulang tanpa poin karena melanggar ketentuan pit lane dan didiskualifikasi dari lomba.
Alhasil, Lorenzo berhasil memangkas jarak yang sebelumnya lebih dari 40 poin, kini menjadi cuma 18 poin! Artinya, pebalap Yamaha dengan nomor 99 itu masih bisa mempertahankan gelar juara dunia dengan dua seri tersisa. Asal, selalu finish podium dan Marquez finish di belakangnya.
Dalam lomba itu, Dani Pedrosa finish di posisi kedua diikuti Valentino Rossi yang juga naik podium. Meski finish ke-2, Pedrosa harus turun satu posisi secara poin, karena ketika masuk pit, kecepatannya lebih dari kecepatan yang ditentukan. Tampak saat masuk pit lane Pedrosa mengerem keras, hingga ban belakang mengangkat dua kali.
Drama Ganti TungganganSeperti diulas KompasOtomotif kemarin (20/10/2013), Bridgestone sebagai penyuplai tunggal ban para rider, menyatakan bahwa permukaan aspal baru Sirkuit Phillip Island membuat ban lebih cepat ”stres”. Itulah kenapa, untuk pertama kalinya dalam sejarah MotoGP, pengawas balapan mengharuskan setiap pebalap mengganti tunggangan dengan ban baru.
Untuk ini, maksimal pebalap mengitari sirkuit 9 kali setelah tanda pit dibuka (pit in window), lalu masuk pit maksimal di akhir lap kesembilan, dan ganti sepeda motor untuk mendapat ban yang lebih fresh di lap kesepuluh. Bahkan jumlah lap juga dikurangi, dari yang seharusnya 27 menjadi 19 putaran.
Aturan ini tegas, tidak boleh ada pebalap yang melaju lebih dari 9 putaran. Inilah yang kemudian menjadi bencana untuk Marquez. Karena kesalahan strategi tim, Marquez masuk ke pit di akhir lap ke-10. Alhasil, Marquez pun diganjar black flag dan didiskualifikasi dari lomba.
Saat keluar pit, terjadi sedikit insiden. Lorenzo dan Pedrosa melaju di ujung tikungan dan bertemu Marquez yang baru keluar. Lorenzo pun sempat menyenggol Marquez karena memotong terlalu dalam, dan pengawas lomba menyatakan ini insiden biasa.
Belum Biasa
Dengan aturan baru itu, tampak para pebalap belum biasa. Di awal lomba tampak beberapa pebalap harus melakukan latihan ganti sepeda motor. Meloncat untuk menunggangi sepeda motor yang sudah disiapkan kru. Karena belum biasa ini pula yang menyebabkan tragedi untuk tim Repsol Honda dengan didiskualifikasinya Marquez dan Pedrosa yang diturunkan posisinya. Padahal diberitakan, sebelum perlombaan, penyelenggara sudah memberitahukan kondisi peraturan tersebut.
Alhasil, Lorenzo berhasil memangkas jarak yang sebelumnya lebih dari 40 poin, kini menjadi cuma 18 poin! Artinya, pebalap Yamaha dengan nomor 99 itu masih bisa mempertahankan gelar juara dunia dengan dua seri tersisa. Asal, selalu finish podium dan Marquez finish di belakangnya.
Dalam lomba itu, Dani Pedrosa finish di posisi kedua diikuti Valentino Rossi yang juga naik podium. Meski finish ke-2, Pedrosa harus turun satu posisi secara poin, karena ketika masuk pit, kecepatannya lebih dari kecepatan yang ditentukan. Tampak saat masuk pit lane Pedrosa mengerem keras, hingga ban belakang mengangkat dua kali.
Drama Ganti TungganganSeperti diulas KompasOtomotif kemarin (20/10/2013), Bridgestone sebagai penyuplai tunggal ban para rider, menyatakan bahwa permukaan aspal baru Sirkuit Phillip Island membuat ban lebih cepat ”stres”. Itulah kenapa, untuk pertama kalinya dalam sejarah MotoGP, pengawas balapan mengharuskan setiap pebalap mengganti tunggangan dengan ban baru.
Untuk ini, maksimal pebalap mengitari sirkuit 9 kali setelah tanda pit dibuka (pit in window), lalu masuk pit maksimal di akhir lap kesembilan, dan ganti sepeda motor untuk mendapat ban yang lebih fresh di lap kesepuluh. Bahkan jumlah lap juga dikurangi, dari yang seharusnya 27 menjadi 19 putaran.
Aturan ini tegas, tidak boleh ada pebalap yang melaju lebih dari 9 putaran. Inilah yang kemudian menjadi bencana untuk Marquez. Karena kesalahan strategi tim, Marquez masuk ke pit di akhir lap ke-10. Alhasil, Marquez pun diganjar black flag dan didiskualifikasi dari lomba.
Saat keluar pit, terjadi sedikit insiden. Lorenzo dan Pedrosa melaju di ujung tikungan dan bertemu Marquez yang baru keluar. Lorenzo pun sempat menyenggol Marquez karena memotong terlalu dalam, dan pengawas lomba menyatakan ini insiden biasa.
Belum Biasa
Dengan aturan baru itu, tampak para pebalap belum biasa. Di awal lomba tampak beberapa pebalap harus melakukan latihan ganti sepeda motor. Meloncat untuk menunggangi sepeda motor yang sudah disiapkan kru. Karena belum biasa ini pula yang menyebabkan tragedi untuk tim Repsol Honda dengan didiskualifikasinya Marquez dan Pedrosa yang diturunkan posisinya. Padahal diberitakan, sebelum perlombaan, penyelenggara sudah memberitahukan kondisi peraturan tersebut.
Berikut hasil lengkap GP Australia 2013:
Pos
|
PEBALAP
|
NEGARA
|
TIM
|
MOTOR
|
WAKTU
|
1
|
Jorge LORENZO
|
SPA
|
Yamaha Factory Racing
|
Yamaha
|
29'07.155
|
2
|
Dani PEDROSA
|
SPA
|
Repsol Honda Team
|
Honda
|
+6.936
|
3
|
Valentino ROSSI
|
ITA
|
Yamaha Factory Racing
|
Yamaha
|
+12.344
|
4
|
Cal CRUTCHLOW
|
GBR
|
Monster Yamaha Tech 3
|
Yamaha
|
+12.460
|
5
|
Alvaro BAUTISTA
|
SPA
|
GO&FUN Honda Gresini
|
Honda
|
+12.513
|
6
|
Bradley SMITH
|
GBR
|
Monster Yamaha Tech 3
|
Yamaha
|
+28.263
|
7
|
Nicky HAYDEN
|
USA
|
Ducati Team
|
Ducati
|
+32.953
|
8
|
Andrea IANNONE
|
ITA
|
Energy T.I. Pramac Racing
|
Ducati
|
+35.062
|
9
|
Andrea DOVIZIOSO
|
ITA
|
Ducati Team
|
Ducati
|
+35.104
|
10
|
Randy DE PUNIET
|
FRA
|
Power Electronics Aspar
|
ART
|
+37.426
|
11
|
Aleix ESPARGARO
|
SPA
|
Power Electronics Aspar
|
ART
|
+46.099
|
12
|
Colin EDWARDS
|
USA
|
NGM Mobile Forward Racing
|
FTR Kawasaki
|
+48.149
|
13
|
Yonny HERNANDEZ
|
COL
|
Ignite Pramac Racing
|
Ducati
|
+49.911
|
14
|
Hector BARBERA
|
SPA
|
Avintia Blusens
|
FTR
|
+49.998
|
15
|
Danilo PETRUCCI
|
ITA
|
Came IodaRacing Project
|
Ioda-Suter
|
+58.718
|
16
|
Luca SCASSA
|
ITA
|
Cardion AB Motoracing
|
ART
|
+58.791
|
17
|
Claudio CORTI
|
ITA
|
NGM Mobile Forward Racing
|
FTR Kawasaki
|
+1'08.105
|
18
|
Michael LAVERTY
|
GBR
|
Paul Bird Motorsport
|
ART
|
+1'27.230
|
19
|
Lukas PESEK
|
CZE
|
Came IodaRacing Project
|
Ioda-Suter
|
+1'31.093
|
20
|
Hiroshi AOYAMA
|
JPN
|
Avintia Blusens
|
FTR
|
1 Lap
|
21
|
Damian CUDLIN
|
AUS
|
Paul Bird Motorsport
|
PBM
|
2 Laps
|
Sumber: MotoGP, Crash.net,autosport
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !